Ngopi, mata uang pergaulan anti resesi

Kopi dicerca karena efeknya, namun sekaligus dipuja dengan banyak manfaat. Kopi bukan hanya sebagai penghilang rasa dahaga saja, namun secangkir kopi telah menjadi sarana pertukaran cerita para peminumnya. Minum kopi bersama sama atau ngopi telah menjadi mata uang pergaulan di negeri ini.

Banyak anak muda, salah satunya Pretty Gina, yang pertama kali mengenal kopi lewat pelajaran sejarah di sekolah. Bagaimana pada rentang waktu antara tahun 1826 hingga 1865, menjadi periode perusakan ekologi di tanah Jawa secara besar besaran. Pembabatan hutan, pembuatan rel kereta api, kolonialisme sampai pada  kekejaman tanam paksa. Semua itu terjadi semata-mata demi biji kopi.

Gina
Membuat layout ‘kopi indonesia fun stuff’

Selama 10 tahun, budidaya kopi di Batavia terus berkembang pesat dan berhasil menciptakan berbagai jenis Kopi Nusantara berkualitas terbaik dan menjadi favorit di dunia. Kopi telah menyisakan cerita bahagia bagi uang kas Hindia Belanda, namun juga menyisakan cerita pilu ribuan pribumi kelaparan, miskin dan menderita.

Salah satu cerita tentang perdagangan kopi di tanah air tertuang dalam novel,  Max Havelaar, yang ditulis Eduard Douwes Dekker pada tahun 1859 . Demikian terkenalnya novel sejarah tersebut , sampai membuat salah satu produk coffee blend dari Indonesia yang menggunakan kata Havelaar sebagai nama produknya.

Beruntungnya, saat ini kita tidak perlu mengulang masa tanam paksa di Indonesia untuk mendapatkan secangkir kopi yang harum dan nikmat. Pemerintah Indonesia telah menetapkan tanggal 11 Maret sebagai hari kopi Indonesia. Mantap…

Atau lebih mantap lagi, jika kita menikmati secangkir kopi sambil menikmati permainan kopi Indonesia buatan Pretty Gina. Semoga akan membuat kita semakin mencintai kopi nusantara

“Kopi luwak Fun Stuff”

Post Author: ikka hua

Tinggalkan Balasan