Karmawibhangga, nasionalisme kuliner nusantara

Banyak dari kita yang pasti sudah mengenal berbagai olahan nasi. Dalam suatu catatan sejarah, diceritakan  bagaimana salah seorang raja Jawa sedang membuka jalannya upacara penetapan desa sima, desa bebas pajak. Beragam penganan yang disediakan ketika acara berlangsung. Ada skul paripurna timan alias nasi tumpeng lengkap. Ada juga skul liwêt atau nasi yang ditanak dengan pangliwêtan.  skul dinyun atau nasi yang ditanak dengan periuk, dan skul matiman atau nasi yang ditim. 

Bukankah semua itu berbagai olahan nasi yang biasa kita makan ? Siapa yang menyangka jika makanan itu biasa disantap para raja jaman dahulu pada acara istimewa. Wuiih,,,membayangkan makanannya saja sudah membuat perut keroncongan. Apalagi membayangkan makan bersama raja.

Belum lagi kudapan-kudapan tradisional nusantara yang mengundang selera, semacam wajik, lepet, dodol atau tape.  Kekayaan kuliner inilah yang menarik minat Jonathan Michael Rahayaan dan Lisa Aprilia untuk membuat aneka permainan yang lebih mengenalkan kuliner Indonesia.

Jonathan Michael Rahayaan & Lisa Aprilia
Membuat layout ‘kuliner nusantara fun stuff’

“Tantangan terberat saat menyusun permainan kuliner Indonesia adalah rasa lapar itu sendiri. Bayangkan saja, sebelum menggambar kami harus membaca referensi tentang makanan yang rata rata cepat membangkitkan rasa lapar” terang Jonathan sambil cengar cengir.

Beberapa jenis olahan daging memang menjadi favorit para raja jaman dulu. Misalnya, kerbau, lembu, kambing, kijang, babi, ayam dan kujur atau ikan asin. Bahkan dari relief Karmawibhangga di kaki Candi Borobudur, Magelang, kita jadi mengetahui tentang aktivitas masyarakat Jawa Kuno saat sedang memasak kura-kura.

Tapi ada beberapa jenis daging yang pantang untuk dikonsumsi. Menurut kitab Nagarakrtagama apabila dilanggar akan mengakibatkan dihina musuh dan mati dalam kondisi bernoda. Makanan itu antara lain Asu Tugel alias daging anjing yang dikebiri, Musika yakni semacam hewan yang mirip dengan tikus. Ada juga asu buntung atau anjing yang tak berekor, cacing, tikus, keledai dan katak .

Daripada semakin kelaparan. Yuk, kita nikmati saja salah satu permainan tentang kuliner nusantara  yang telah dibuat Jonathan dan Lisa. Atau untuk lebih lengkapnya, kunjungi saja menu kami di ‘Indonesia Fun Stuff’

“Nasi yang bervariasi Fun Stuff”

Post Author: ikka hua

Tinggalkan Balasan