Detective Conan, si Case Close

synopsis and property draw

Detektive conan
Pewarnaan karakter Conan menggunakan pensil warna

DETECTIVE CONAN???? pasti penggemar manga detektif dan misteri sudah tidak asing lagi dengan serial detektif yang satu ini. Detective conan merupakan manga asli Jepang dan dinegara asalnya dikenal dengan Meitantei Konan. Sedangkan di Amerika, inggris, dan beberapa negara lain dikenal dengan judul case closed. Salah satu penggemar beratnya adalah Ni ketut Maharani. Makanya Rani tidak keberatan jika harus berlama lama di depan kertas kosong menggambar property cerita komik kesayangannya. Buat kalian yang ingin tahu lebih dekat, yuk baca sinopsisnya.

Cerita detektif diawali dengan seorang siswa kelas 2 SMA yang merupakan detektif SMA terkenal, Shinichi Kudo, yang menyusut menjadi anak kecil berusia 7 tahun akibat Apotoxin 4869 (APTX-4869) yang diminumkan oleh Gin, seorang anggota dari organisasi jubah hitam. Hal ini terjadi karena, Shinichi diam-diam menyaksikan transaksi yang dilakukan oleh seorang direktur perusahaan yang melakukan penyeludupan senjata api dan diperas oleh organisasi jubah hitam yang mengetahuinya dan Vodka, anggota jubah hitam yang bertransaksi dengannya.

Sinichi kemudian mengganti namanya menjadi Conan Edogawa (karena kebetulan melihat buku karya Conan Doyle dan Ranpo Edogawa ) dan membantu polisi untuk mengungkap kasus-kasus pembunuhan. Dalam penyamarannya dia menumpang di rumah teman kecilnya, Ran Mouri, yang mempunyai ayah, Kogoro Mouri, seorang mantan polisi yang sekarang berprofesi sebagai detektif swasta yang kurang laku, agar Shinichi alias Conan bisa menyelidiki informasi mengenai organisasi jubah hitam karena profesi ayah Ran itu.

Conan sering membantu Kogoro dalam memecahkan berbagai kasus dengan cara menidurkan Kogoro dengan menembakan jarum yang berisikan obat bius yang berasal dari jam tangan dan meniru suara Kogorou dengan menggunakan dasi pengubah suara  yang diciptakan oleh tetangganya, profesor Agasa. Kogoro Mouri, seorang detektif yang agak bodoh, awalnya bingung pada kemampuan memecahkan kasusnya meningkat secara mendadak. Tetapi, kemudian ia tidak heran. Ran Mouri juga pernah beberapa kali mencurigai bahwa Conan adalah Shinichi, namun karena kecerdikan Conan, maka Ran maupun Koogoro  percaya bahwa Conan bukanlah Shinichi.

Dari volume 1 – 87 ini sudah banyak kasus yang ditangani oleh Conan (yang tidak bisa diceritakan satu-persatu saking banyaknya). Selain itu disetiap volume bermunculan orang-orang baru dan beberapa diantaranya berhubungan dengan organisasi jubah hitam yang sedang dikejar oleh Conan.

Singkatnya serial detektif conan bukan hanya menyuguhkan gambar gambar yang menarik tapi juga mengajarkan pembacanya untuk  menjadi teliti dan memperhitungkan hal-hal kecil. Conan juga mengajarkan untuk membedakan curiga dan waspada.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*