Bahasa daerah, anti pertumpahan darah

bahasa daerah cover
Permainan meneruskan syair lagu daerah

Memang, Indonesia adalah negara yang dianugerahi kekayaan budaya yang melimpah. Tidak saja dalam hal beragamnya suku bangsa dan kesenian, tapi juga bahasa daerah. Badan Bahasa sebagai lembaga pemerintah yang mengurusi masalah bahasa, sudah melakukan kajian mengenai bahasa-bahasa daerah di nusantara. Dalam beberapa periode (2008, 2013, 2016), Badan Bahasa telah mengindentifikasi bahwa Indonesia memiliki 646 bahasa daerah. Dan 14 bahasa daerah yang telah dianggap punah.

Anggapan udik dan kampungan jika menggunakan bahasa daerah, mau tidak mau mempengaruhi jumlah penutur bahasa daerah. Besarnya jumlah penutur ternyata berkorelasi dengan jumlah kosakata bahasa daerah yang diserap ke dalam bahasa Indonesia. Makin besar jumlah penuturnya, makin besar kecenderungan kosakata bahasa daerah tersebut diserap menjadi bahasa Indonesia.  Ini tentu saja pendukung utama berkembangnya sastra Indonesia.

Tapi kenapa ya saya ragu kalau ngomong menggunakan bahasa daerah?  Yuk kita buka catatan sejarah bangsa ketika proklamasi dibacakan oleh Sukarno-Hatta di Jalan Pegangsaan Timur, Jakarta Pusat pada 17 Agustus 1945. Pada saat itu dominasi kekuataan militer Jepang masih berkuasa. Para pemimpin bangsa mulai berfikir cara yang tepat agar berita tentang proklamasi kemerdekaan Indonesia bisa tersebar sampai ke pelosok negeri tanpa perlawanan senjata dari Jepang.

Demi mengelabui militer Jepang, penyiaran berita proklamasi dilakukan dalam bahasa bahasa daerah. Di Jawa Timur, arek arek suroboyo menyampaikan berita proklamasi kemerdekaan Indonesia ke dalam bahasa Jawa dan Madura. Dan sebagai bentuk respon, secara serentak masyarakat Indonesia mengibarkan bendera merah putih dimana mana. Suatu perlawanan tanpa pertumpahan darah pun dimulai.

APA ?? Masih menganggap bahasa asing sebagai bahasa yang lebih elite? Begini ya saudaraku, coba tanyakan kepada bule bule itu, apakah mereka bisa berbahasa daerah Indonesia seperti kita yang mampu berbahasa inggris dengan baik? Menyebut menu hidangan Indonesia aja pasti keseleo.

Putri Audia
Membuat layout ‘bahasaku fun stuff’

Udah deh, daripada terus mengatakan bahasa daerah kita udik dan kampungan, bagaimana jika kita coba saja permainan bahasa daerahku yang telah dibuat Putri Audia Sabila. Semoga semangat putri untuk mencintai bahasa daerah menular ke yang lain.

Bahasa Bali Fun stuff

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*