antara DHA dan manusia purba Indonesia

Indonesia, khususnya Jawa, sebagai daerah tropis memang sangat memungkinkan untuk ditinggali manusia prasejarah.  Diawali dengan ditemukan bukti fosil Homo erectus (manusia purba berdiri tegak) pertama di Situs Trinil, Ngawi, Jawa Timur, pada 1891. Menyusul beberapa fosil manusia Purba di Indonesia seperti Megantropus Palaeojavanicicus, Pithecantropus Erectus,  Pithecantropus Mojokertensis, Pithecantropus Soloensis.

Belum lagi bukti peninggalan di pegunungan cadas (karst) di Kabupaten Maros dan Pangkep, Sulawesi Selatan. Di sana terdapat ratusan gua yang penuh dengan lukisan cap tangan, lukisan manusia, tinggalan tembikar, alat-alat batu, kerang-kerang laut, hingga tulang-tulang hewan.

Sepertinya manusia manusia purba tersebut membutuhkan asam dokosa heksanoat (DHA) yang biasa ditemukan pada ikan dan kerang untuk mendukung fungsi otaknya yang kompleks. Inilah mungkin yang menyebabkan manusia purba berkumpul di daerah tropis di mana banyak ditemukan sumber makanan yang mengandung DHA, untuk kemudian menyebar ke seluruh wilayah Indonesia.

Silvi
Silvi membuat layout ‘homo sapiens fun stuff’

Fakta yang unik tentang manusia purba ini, telah menarik minat Silvi untuk membuat permainan yang lebih mengenalkan kehidupan manusia purba Indonesia kepada anak anak. Yuk, kita nikmati saja salah satu permainan manusia purba yang telah dibuat Silvi. Atau untuk lebih lengkapnya, kunjungi saja menu kami di ‘Indonesia Fun Stuff’

“Homo erectus fun stuff”

Post Author: ikka hua

Tinggalkan Balasan